Windows Dengan Rasa Free & Open Source Software
Windows Dengan Rasa Free & Open Source Software

Windows Dengan Rasa Free & Open Source Software

Posted on 13 views

Tidak bisa dipungkiri bahwa untuk penggunaan sehari-hari, sistem operasi windows masih menjadi pilihan utama dimasyarakat. Tentunya ada banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi, salah satunya yaitu tersedianya beragam aplikasi bajakan yang bisa didapat dengan mudah.

Namun karena satu dan lain hal (terutama lisensi) kebanyakan software populer mempunyai harga yang mahal.

Untuk menghemat pengeluaran, kita bisa memilah hanya menginstall aplikasi yang berjenis Free dan Open Source Software, atau minimal gratis meskipun dengan fitur yang dibatasi.

Pada artikel sederhana ini, akan kita coba bahas beberapa aplikasi free & open source populer untuk komputasi di Windows.

Aplikasi Perkantoran LibreOffice

Untuk mendukung pekerjaan kita sehari-hari, LibreOffice adalah pilihan utama. Selain berlisensi Free Sooftware, format dokumen-nya pun sudah digunakan secara resmi dipemerintahan Indonesia. Aplikasi ini menyediakan berbagai pilihan sistem operasi, mulai dari MacOS, GNU/Linux sampai Windows.

Terdapat 2 jenis program yang bisa digunakan, versi installer dan portable yang keduanya bisa diunduh gratis melalui situs resminya di www.libreoffice.org. Atau bisa juga melalui tombol download dibawah untuk versi installer terbaru saat tulisan ini dibuat.

Aplikasi Multimedia Player VLC

Banyak sekali format multimedia yang ada, mulai dari mp3, mkv, sampai 3gp. VLC hadir sebagai jawaban untukk aplikasi pemutar file multimedia serba bisa. Memiliki logo seperti rambu lalu lintas, VLC menjadi pilihan utama yang saya saranka untuk memutar semua file multimedia.

VLC juga sudah mendukung banyak sistem operasi populer, mulai dari PC seperti MacOS, GNU/Linux, Windows sampai ponsel pintar (Android). Untuk mendownloadnya silahkan langsung mengunjungi situs resminya dialamat https://www.videolan.org/vlc

Atau bisa juga melalui link download dibawah;

Free Download Manager

Bagi pembaca yang sering mendownload file dari internet, tentunya akan sangat membutuhkan software download manager. Dengan menggunakan aplikasi download manager, kita bisa dengan mudah mengunduh beberapa file dalam waktu bersamaan.

Ada banyak sekali pilihan software dalam kategori ini, salah satunya adalah Free Download Manager.

Sesuai namanya, Free Download Manager adalah aplikasi yang bisa kita dapatkan secara gratis. Ada banyak sekali fitur yang bisa kita dapatkan (sudah saya ulas pada artikel ini). Untuk menginstallnya, silahkan download terlebih dahulu file installernya melalui link dibawah.

Sumatra PDF

Awalnya saya mengira aplikasi pembaca file PDF ini berasal dari Indonesia, karena ada nama pulau Sumatra. Namun setelah diselidiki, ternyata sipembuat adalah orang bule, hehe. Sesuai namanya, Sumatra PDF adalah software yang berfungsi untuk membuka file PDF, namun tidak hanya itu, SumatraPDF juga sudah support file ePub, MOBI, CHM, XPS, DjVu, CBZ, CBR. Namun sayang, aplikasi ini hanya tersedia pada platform Windows.

Jika berminat, silahkan download melalui link dibawah;

Artikel ini akan saya update lagi nanti… Silahkan bookmark terlebih dahulu…

Gravatar Image
Cuma pengen punya media yang berfungsi layaknya rumah didunia maya, dan personal blog inilah tempatnya (mohon maaf konten masih dalam proses migrasi). Selamat menikmati semua artikel yang saya buat, semoga bermanfaat...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *