Last Updated:
tutorial linux

Supaya Wifi Gak Percuma

ludy
ludy Random

Beberapa hari terakhir laptop ini dijejali berbagai OS, mulai dari Linux Mint, EndlessOS, Elementary OS sampai Windows hingga akhirnya kembali ke UbuntuDDE yang sedang saya kebut dokumentasinya.

Yang paling menarik adalah ketika memasang Sistem Operasi Windows, mulai dari Windows 11, Windows 10 sampai Windows 7 yang memang menjadi OS bawaan dari Elitebook 2560p. 

Windows 11 Butuh Spesifikasi Tinggi

Yang paling mengecewakan adalah ketika gagal memasang Windows 11 yang sudah susah paya diunduh secara legal. 

Videonya bisa dilihat dibawah;

Ukurannya lumayan besar untuk sekelas Sistem Operasi komputer. 

Ternyata memang benar bahwa versi kali ini hanya bisa dinikmati dengan hardware keluaran baru. 

Gagal menggunakan Windows 11, akhirnya saya turun ke Windows 10.

Dirver Intel 3000 Sudah Tidak Diperbaharui

Singkat cerita, proses pemasangan Windows 10 pun berjalan sempurna. Tentu saja masih dengan ISO Original yang dulu sempat saya unduh melalui situs Microsoft. 

Namun setelah selesai dan masuk ke Desktop, saya mencoba memasang Driver VGA untuk mengatur tampilan layar yang tentu saja masih kurang nyaman digunakan.

Tapi setelah browsing sana-sini, ternyata VGA untuk Intel 3000 sudah tidak dikembangkan dan tidak ada versi Windows 10-nya.  Sebenarnya untuk mengatur resolusi layar bisa diakali dengan memasang driver versi Windows 7, namun setelah beberapa waktu sering muncul BSOD.

Tentu saja ini menjadi sebuah masalah, mengingat layar adalah komponen yang tidak bisa ditawar dan harus berjalan mulus setiap komputasi.

Berbeda mungkin kasusnya jika terjadi pada kartu nirkabel (wireless) yang masih bisa diakali dengan kabel lan atau wifi dongle. 

Alhasil Windows 10 pun kembali saya coret dan kembali menginstall ulang menggunakan Windows 7.

Serial Number Yang Tidak Bisa Diaktivasi Dan Terpaksa Trial 30 Hari

Salah satu bukti nyata keoriginalan OS Windows yang disertakan dalam sebuah Laptop adalah dengan adanya stiker hologram yang ditempel pada bagian laptop.

Dalam kasus Elitebook ada dibelakang baterai untuk serial number dan versi Windows, juga stiker logo Windows 7 disebelah kanan dekat Touchpad.

Disitu sudah jelas tertulis serial numbar dan jenis Windows yang digunakan dalam kasus ini Windows Profesional.

Namun ketika mencoba aktivasi secara online, serial number tersebut tidak bisa aktif. 

Nah loh, masalah lagi...

Entah karena ISO nya yang sudah tidak Original bawaan Microsoft atau karna perbedaan negara aktivasi, atau bisa memang harus diaktifkan oleh pihak terkait dalam hal ini vendor pembuat laptop (HP).

Daripada percuma, akhirnya saya memilih untuk membuat beberapa video sederhana yang membahas mengenai CMS.

Mencoba Drupal 9

Salah satu CMS favorit yang susah untuk difahami adalah Drupal. Entah kenapa sampai sekarang belum juga menemukan frekuensi yang sama dengan kebutuhan. 

Sempat terjadi beberapa pesan error saat pemasangan. Tapi semuanya masih bisa diatasi, silahkan tonton saja videonya diatas.

Mencoba Joomla

CMS selanjutnya yang saya coba pasang adalah Joomla. Masih berada di peringkat 3 besar CMS yang paling banyak digunakan didunia.

Ada cukup banyak perubahan yang terjadi pada Joomla edisi kali ini. Setelah sebelumnya saya terhenti pada Joomla seri 3.

Beberapa Aplikasi Gratisan Untuk Windows

Karena sudah terlalu banyak dosa, jadi saya tidak ingin menambahnya dengan menggunakan aplikasi curian.

Terlebih jika software tersebut digunakan untuk mencari uang. 

Sebenarnya sudah tidak ada alasan lagi untuk menggunakan software bajakan, karena memang ada banyak sekali aplikasi padanan yang memiliki fungsi serupa.

Menariknya bisa didapatkan secara gratis pula.

Tonton saja videonya diatas.

Comments