Pentingnya Kecepatan Website Untuk Sukes Online

Ingin memulai bisnis online, atau sekedar punya identitas pribadi didunia maya? Kalo iya, kalian sedang berada diartikel yang tepat.

Karena didalam postingan ini, akan saya share beberapa tahapan yang sebaiknya kita lakukan sebelum mengembangkan sayap didunia digital.

Kita akan membangun sebuah website.

Website merupakan media online yang sangat cocok digunakan untuk  mempromosikan produk/jasa. Dengan sebuah website, kita seolah mempunyai sales yang bekerja selama 24jam sehari.

Namun, apakah hanya dengan mempunyai sebuah website, brand kita akan otomatis dikenal dan serta merta meraih kesuksesan?

Tentu tidak semudah itu Esmeralda…

Ada banyak faktor yang sangat mempengaruhi kesuksesan kita dalam dunia online. Belum lagi didunia digital sekarang, persaingan sangat ketat. Kita harus berlomba dengan ratusan bahkan ribuan website yang punya tujuan sama, sama-sama ingin sukses didunia online.

Gak percaya???

Silahkan cek disini (silahkan klik) untuk lebih jelasnya

Gagal Berencana = Merencanakan Gagal

Seorang motivator pernah berkata;

Gagal Berencana sama dengan Merencanakan Kegagalan

Menarik ya quote tersebut…

Lantas, apa hubungannya dalam dunia digital?

Ya jelas ada… Bahkan sangat erat kaitannya dengan identitas website, yaitu domain.

Domain adalah alamat dari sebuah website… Domain juga berfungsi sebagai “Brand” yang kita bangun.

Coba bayangkan jika kita sampai salah memilih domain? Misal, kita akan membuat blog yang membahas kuliner tapi malah memilih domain mobilmurah?

Ini akan mengurangi tingkat kepercayaan pengunjung… Website kita malah akan dicap sebagai website yang tidak bermutu, tidak jelas, bahkan lebih parahnya lagi website kita dianggap sebagai spam.

Terus, Apa Kriteria Dalam Menentukan Domain Yang Tepat?

Setidaknya ada beberapa faktor penting yang harus kita persiapkan, diantaranya;

Mengandung Unsur 3M

Apa 3M itu?

Mudah diingat, Mudah diucapkan, Mudah diketik

Ini menjadi hal yang mutlak… Jangan pernah menggunakan kata-kata alay seperti gabungan huruf dan angka (kecuali angka tersebut merupakan brand).

Semakin pendek dan unik nama domainnya semakin bagus…

Coba bayangkan jika Anda ingin mempromosikan alamat website ke teman Anda. Apa reaksi yang terjadi jika kita mengabaikan prinsip 3M diatas?

Boro-boro website kita dikunjungi, untuk mengingat dan mengetikkannya saja mereka malas…

Lupakan EMD, Pilih Yang Brandable

Sebentar, EMD itu apa ya?

EMD adalah singkatan dari Exact Match Domain. Maksudnya, domain ini sengaja menyertakan banyak kata kunci. Akibatnya nama domain menjadi panjang dan terkesan dipaksakan.

Misal, Anda ingin membuat website yang berisi daftar resep masakan daerah… Contoh untuk EMD adalah daftar-resep-masakan-daerah.com

Ini terlalu panjang dan sangat dipaksakan… Tentunya tidak sesuai dengan prinsip 3M sebelumnya.

Lebih baik kita membuat brand sendiri…

Jika Anda bingung memilih Brand, saran saya, gunakanlah identitas pribadi…

Selain lebih mudah diingat, hal ini juga akan otomatis membentuk image bahwa Anda adalah orang yang memiliki pengeathuan lebih dalam hal masakan daerah.

Untuk alternatif domainnya, silahkan berkreasi…

Pilih Ekstensi TLD atau ccTLD

Sebelumnya saya jelaskan dulu maksud dari TLD dan ccTLD.

TLD adalah singkatan dari Top Lovel Domain yang artinya domain yang paling populer didunia… Karena populer, maka 90% nama domain unik & keren biasanya sudah ada yang punya…

Sedangkan ccTLD adalah singkatan dari Country Code Top Level Domain yang artinya domain yang dikhususkan untuk Negara tertentu… Contoh ccTLD adalah domain dengan ekstensi .id, co.id, my.id dan web.id seperti yang saya gunakan dan sebagainya…

Ini yang cukup penting…

Selalu usahakan memilih domain dengan akhiran .COM

Kenapa…???

Karena sebagian besar orang tahunya semua website itu berakhiran .COM

Tidak salah memang, mengingat website besar yang ada didunia-pun akhirannya .COM. Contohnya facebook.com, youtube.com dan google.com.

Alasan selanjutnya, disetiap keyboard smartphone sudah tersedia tombol .com sehingga akan mempermudah pengunjung dalam mengetik.

Tapi, nyari domain akhiran .COM itu susahnya setengah mati… Kalaupun ada, biasanya sudah “dibooking” oleh pihak yang menjadi makelar domain (membeli domain untuk dijual kembali dengan harga yang fantastis).

Pilihan kedua, kita bisa menggunakan ekstensi .NET, tapi mencari domain dengan ekstensi .NET pun sama susahnya dengan domain .COM.

Terus, bagaimana solusinya???

Tenang aja… Kita bisa beralih ke alternatif terbaik yaitu menggunakan ccTLD.

Kabar baiknya, domain jenis ini masih banyak yang available… Tapi tetep ya, siap cepat dia dapat…

Pilih saja domain .ID, selain singkat, domain ini juga yang paling “kuat” baik dimata Search Engine ataupun dimata pengunjung… Apalagi akhir-akhir ini Google telah mengupdate algoritma-nya yang akan lebih mengutamakan website dari negara pengunjung berasal.

Artinya, dengan memilih domain .ID, peluang kita untuk nongkrong dihalaman 1 Google lebih besar.

Anda bisa mendapatkan Domain Murah dari Dewaweb.

Pilih Platform Website

Jika kita sudah mengantongi nama domain apa yang akan digunakan, langkah selanjutnya adalah memilih platform (media) untuk menuangkan ide & gagasan kita.

Secara umum, ada 3 platform yang biasanya digunakan, diantaranya WordPress, Drupal, & Joomla.

Lah, kalo Blogger gimana???

Blogger sangat tidak cocok untuk pemula, karena untuk memiliki tampilan website sesuai selera, kita harus mesti kudu wajib menguasai “bahasa” pemrograman web (HTML, CSS, JavaScript).

Blogger lebih cocok untuk dibuat sebagai personal blog dibanding website professional.

Terus kalo gitu, platform apa yang paling cocok untuk pemula???

Pilih Saja WordPress, Jangan Yang Lain

Pilih saja WordPress, jangan yang lain… Hal ini bukan tanpa alasan… Pasalnya, WordPress merupakan sebuah CMS yang paling banyak digunakan didunia.

Pentingnya Kecepatan Website Untuk Sukes Online

Perusahaan besar saja menggunakan WordPress, sebagai software membuat websitenya…

Silahkan klik disini untuk melihat siapa saja yang menggunakan WordPress dalam membangun websitenya.

Mudah Kustomisasi

Alasan selanjutnya kenapa saya menyarankan untuk menggunakan WordPress adalah tersedianya banyak template dan plugins mulai dari yang gratis sampai berbayar.

Sebentar, template dan plugin itu apa ya?

Sederhananya template ibarat baju yang bertanggung jawab terhadap tampilan website kita, sedangkan plugin adalah tools tambahan yang menambah fungsionalitas website

Selalu usahakan memilih template yang responsive, artinya tampilan website akan bisa dibuka (tidak berantakan) didalam layar apapun, termasuk smartphone.

Mudah & SEO Friendly

Alasan terakhir pada artikel ini adalah, WordPress sangat mudah untuk pemula, bahkan bagi yang belum pernah bersentuhan dengan dunia website sekalipun…

Termasuk dalam hal SEO… WordPress akan lebih cepat dikenali Search Engine dibanding platform CMS lainnya…

Tentunya SEO merupakan salah satu faktor penting yang membawa kita bertengger kehalaman pertama Google…

Kalaupun ada hal yang membuat kita bingung, sudah ada jutaan tutorial dan komunitas yang bisa kita jadikan sebagai rujukan utama…

Tentukan Hosting Website

Jika kedua hal diatas sudah kita tentukan, langkah selanjutnya adalah mengetahui jenis & teknologi hosting untuk meletakkan file website kita…

Jika domain adalah alamat, maka hosting adalah rumah dari website

Sama seperti memilih rumah untuk tempat tinggal, memilih hosting-pun harus melalui beberapa pertimbangan… Tentunya kita ingin sebuah rumah yang memiliki berbagai fasilitas dibanding rumah yang biasa-biasa saja bukan???

Kita ingat kembali quote diatas, gagal berencana sama dengan merencanakan gagal.

Oke, kita coba bahas terlebih dahulu jenis hosting yang umumnya digunakan untuk membuat website.

Shared Hosting Dengan Teknologi Cloud

Jika diibaratkan seperti rumah, maka shared hosting adalah sebuah kontrakan yang memiliki sumber listrik bersama.

Tipe Shared Hostingnya-pun beragam, ada yang masih Tradisional Hosting, ada yang sudah menggunakan Cloud Hosting.

Saran saya, pilih yang sudah menggunakan teknologi Cloud Hosting, (hosting yang juga saya gunakan untuk Personal Blog ini)… Artinya, file website kita diletakkan dibanyak server yang saling mendukung, jika 1 server down, maka server yang lainnya akan secara otomatis mengambil alih untuk memastikan website kita tetap bisa diakses.

Berbeda dengan Tradisional Hosting yang hanya menyimpan file website dalam sebuah server saja. Jika servernya down, maka website kita otomatis tidak bisa diakses…

Ini akan merugikan bisnis Anda…

Jenis Cloud Hosting ini sangat cocok untuk pemula yang masih belajar membuat webiste.

VPS Hosting

VPS Hosting atau lengkapnya Virtual Private Server adalah layanan hosting dengan sistem virtualisasi server. Meskipun masih berbagi sumber daya (resource) dengan website lainnya, tapi perbedaannya disini jumlah user dibatasi dan tidak sebanyak pada Shared Hosting.

Dalam VPS juga tiap user memiliki akses penuh terhadap server mulai dari memilih sistem operasi server sampai konfigurasinya.

Dengan menggunakan VPS, kita mempunyai jumlah resource seperti CPU, Ram yang tetap. Tidak seperti shared server yang resource nya terbagi-bagi

Jika diibaratkan, VPS sama seperti kita memilki sebuah apartemen. Untuk harga sewa-nya tentu lebih mahal dibanding Shared Hosting.

Dedicated Hosting

Hosting terakhir pada postingan kali ini adalah Dedicated Hosting. Jika diibaratkan, Dedicated Hosting sama seperti memiliki rumah sendiri. Artinya, sebuah server hanya akan ditempati oleh website kita saja.

Tapi jenis hosting seperti ini sangat tidak cocok untuk pemula, selain mahal, tentunya kita harus memiliki pengetahuan mengenai seluk beluk dunia website secara utuh.

Teknologi Hosting Terbaru

Setelah menentukan jenis hosting, sekarang kita masuk ke faktor teknologi yang harus dipertimbangkan dalam memilih sebuah hosting, diantaranya;

Keamanan

Ini menjadi hal pertama yang harus dipertimbangkan sebelum membeli tempat tinggal. Pastikan hosting kita sudah memberikan jaminan keamanan, dan untuk mengamankan website, minimal kita harus memiliki SSL.

SSL ibarat gembok yang dipasangkan dalam pintu masuk website, dan saya sangat yakin tentunya kita akan lebih merasa aman meninggalkan rumah dalam keadaan tergembok.

Apakah gembok saja cukup? Jika ingin lebih aman, jelas belum cukup…

Anggap saja kita tinggal didalam perumahan, tentunya pengelola akan menyediakan pos keamanan dan petugas yang setiap saat mengontrol keadaan.

Begitupun dengan hosting, provider yang baik pasti menyediakan fasilitas keamanan tersebut. Dalam prakteknya, Imunify360 AI Security dan Proactive Defense + WAF layaknya petugas keamanan tambahan yang berfungsi untuk mengamankan server.

Kecepatan Hosting

Tiap penyedia layanan hosting mempunyai teknologi masing-masing. Tapi sayangnya, tidak semuanya mengikuti perkembangan zaman.

Masih banyak penyedia layanan hosting yang masih menggunakan teknologi usang… Tentunya hal ini akan mengganggu performa website kita, tertama dalam hal kecepatan…

Lalu, apa sajakah teknologi yang harus kita pertimbangkan sebelum membeli hosting?

Berikut diantaranya…

Pilih Yang Sudah HTTP/2 Jangan Yang Masih HTTP

Pernahkah kita berfikir proses yang terjadi saat mengunjungi sebuah website di internet?

Sederhananya seperti ini…

Ketika kita memasukkan kata kunci didalam web browser, hal pertama yang akan dilakukan oleh web browser adalah berkomunikasi dengan web server website, kemudian web server tadi akan memberikan data yang diminta untuk ditampilkan kedalam web browser.

Semakin efisien komunikasi yang berlangsung, tentunya akan semakin cepat data yang dihasilkan.

Dan HTTP/2 ada untuk mempercepat proses komunikasi tersebut…

Sederhananya seperti ini…

Misal kita akan berbelanja ke sebuah supermarket dan berencana membeli 5 barang, katakanlah kopi, gula, susu, teh dan garam…

Jika masih menggunakan HTTP1 maka kita akan membeli kopi terlebih dahulu kemudian membayarnya kekasir, lalu masuk kembali untuk membeli gula dan kembali kekasir sampai ke 5 item tersebut selesai.

Bayangkan jika ada ratusan bahkan ribuan item yang dibeli???

Berbeda jika kita menggunakan HTTP/2 maka kita masuk ke supermarket dengan sudah membawa list barang yang akan dibeli. Tentunya ini lebih cerdas dan efisien bukan?

Menggunakan CDN

Teknologi selanjutnya adalah Content Delivery Network yang sering disingkat CDN…

Kita buka dengan pertanyaan…

Bagaimana caranya agar website kita yang lokasinya ada di Indonesia, tapi tetap bisa dikses secara cepat oleh pengunjung yang berasal dari Amerika?

Nah, CDN lah solusi dari permasalahan tersebut… CDN disini berfungsi seperti “perwakilan” website kita disana…

Artinya dengan menggunakan CDN, konten website kita akan diletakkan pada server yang lokasinya tersebar dipenjuru dunia. Sehingga pengunjung yang berasal dari Amerika bisa dengan mudah mengakses konten website kita melalui server yang lokasinya paling dekat dengan mereka, misalnya Los Angeles, tanpa harus jauh-jauh ke Indonesia.

Litespeed Web Browser

Teknologi selanjutnya adalah web server…

Pilih hosting yang menggunakan Litespeed…

Kenapa harus Litespeed???

Karena sudah terbukti lebih cepat dari web server lainnya…

Berikut hasil pengujian Litespeed

Pentingnya Kecepatan Website Untuk Sukes Online

Jadi, dalam kasus ini, jangan pernah memilih hosting yang masih menggunakan Apache2 sebagai web servernya jika tidak ingin performa website kita lambat…

Bandwith Unlimited

Hal selanjutnya yang penting sebelum membeli hosting adalah bandwith…

Jika diibaratkan, bandwith adalah kuota yang dibutuhkan untuk mengakses website…

Selalu pilih penyedia layanan yang tidak membatasi bandwith… Ini sangat penting khususnya jika website kita sudah ramai pengunjung…

Jangan sampai gara-gara bandwith yang terbatas, kita kehilangan calon pembeli sekaligus menambah rasa tidak percaya terhadap website kita.

Sudah jatuh tertimpa tangga pula…

Dimana Mendapatkan Hosting Dengan Fasilitas Tersebut?

Pertanyaannya sekarang, dimana kita bisa mendapatkan Hosting dengan teknologi super canggih seperti diatas???

Pentingnya Kecepatan Website Untuk Sukes Online

Adalah Dewaweb, penyedia layanan Cloud Hosting pertama di Indonesia.

Dewaweb 100% telah menggunakan Teknologi Cloud, mulai dari Hosting, Security & Networking yang akan membuat website kita semakin cepat.

Cloud Hosting Murah Indonesia

Supaya lebih jelasnya sekalian aja deh saya sertain daftar harganya dibawah;

Daftar Harga Paket Hosting Superfast Dewaweb;

Untuk lebih jelasnya, akan saya coba jabarkan lebih rinci…

Diatas ada 4 paket Hosting yang bisa kita pilih untuk memulai sukses online…

Masing-masing memiliki spesifikasi yang berbeda… Tentunya semakin tinggi paket nya semakin bagus untuk website kita… Jika bingung, saran saya untuk pemula pilih saja antara paket Warrior yang sekaligus memberikan Gratis Domain dan paling banyak pembelinya…

Pentingnya Kecepatan Website Untuk Sukes Online

Untuk menambah keamanan, tersedia Addon seperti Dewaguard Security Hardening For WordPress & Dewaguard Website Security Protection, jika kalian mengutamakan keamanan website, pilih kedua Addon tadi. Jika sudah, kita klik Tambahkan Ke Keranjang.

Kemudian kita akan dibawa kehalaman belanjaan seperti ini;

Pentingnya Kecepatan Website Untuk Sukses Online

Tinggal kita klik Chekout untuk melanjutkan pembayaran… Jika belum memiliki akun, kita akan diminta untuk membuat akun… Selanjutnya invoice akan dikirim melalui email yang kita daftarkan tadi…

Tambahan: Untuk memudahkan kita –sekaligus mengecek kesigapan customer support— saran saya langsung minta untuk diinstallkan WordPress, jadi nantinya kita bisa langsung praktek untuk mengoptimasi website agar semakin cepat.

Ninja Support 24/7

Pentingnya Kecepatan Website Untuk Sukses Online

Dewaweb punya tim yang disebut Ninja Support yang siap sedia membantu kita. Dan kerennya lagi, support Dewaweb itu 24 jam non stop setiap hari. Ninja bisa dihubungi melalui Help Desk, Live Chat sampai Telpon, dan semuanya Gratis…

Migrasi

Jika Anda sudah memiliki website pada hosting lain, Dewaweb juga menyediakan jasa migrasi website secara gratis.

Ya, gratis…

Caranya sangat mudah, tinggal chat ke Legendary Ninja Support untuk dibantu proses migrasi website-nya…

Setelah itu, kita tinggal duduk manis sambil menunggu website kita selesai migrasi…

Jangan Takut Rugi, Ada Jaminan 90 Hari Uang Kembali

Dengan segudang kelebihan yang ditawarkan, Dewaweb masih memberikan Garansi 90 hari uang kembali. Wow… Kurang apalagi coba…???

Praktik Mempercepat Loading Website

Oke, sekarang saatnya kita praktik mempercepat loading website…

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam mengelola website berbasis WordPress…

Jangan Terlalu Banyak Install Plugins

Ini salah satu faktor penyumbang lambatnya sebuah website…

Plugin memang bisa menambah fungsionalitas website kita, tapi terlalu banyak plugin malah akan memberatkan website…

Saran saya, hanya install plugin yang dianggap paling penting, diantaranya;

Litespeed Cache

Litespeed Cache merupakan plugin super komplit, dengan menggunakan plugin ini, kita bisa menghemat 2-3 plugin yang memiliki fungsi serupa…

Untuk menginstallnya, kita masuk terlebih dahulu ke halaman Dashboard yang ada dialamat www.domainanda.com/wp-admin kemudian masukkan user dan password yang digunakan saat installasi…

Kita pilih Plugins -> Add New

Pentingnya Kecepatan Website Untuk Sukses Online

Kita ketik pada kolom pencarian dengan nama LiteSpeed Cache… Setelah muncul, kita klik Install Now seperti yang terlihat pada gambar diatas.

Pentingnya Kecepatan Website Untuk Sukses Online

Setelah berhasil diinstall, kita klik Activate.

Disclosure;

  • Gambar dari artikel ini banyak mengambil dari situs resmi www.dewaweb.com
  • Artikel ini belum sepenuhnya selesai hihihi… Artikel ini merupakan pengembangan dari versi aslinya (klik disini) yang terpilih menjadi salah satu juara favorit dalam lomba Pentingya Kecepatan Website Untuk Sukses Online.

ludy

Cuma pengen punya media yang berfungsi layaknya rumah didunia maya, dan personal blog inilah tempatnya (mohon maaf konten masih dalam proses migrasi). Selamat menikmati semua artikel yang saya buat, semoga bermanfaat...

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *