Categories: KDE Neon

Pengenalan KDE Neon Distro GNU/Linux Dengan Plasma Desktop Yang Super Keren

Sedang mencari artikel mengenai KDE Neon? Apa saja keunggulan dan perbedaannya dari Kubuntu? Jika iya, saya pun sama. Karena saya lagi males nulis, alhasil saya copas saja dari Wikipedia, tentunya dengan bantuan Google Translate.

Apa Itu KDE Neon?

KDE neon adalah distribusi Linux yang dikembangkan oleh KDE berdasarkan rilis jangka panjang Ubuntu (LTS) terbaru, dibundel dengan satu set repositori perangkat lunak tambahan yang berisi versi 64-bit terbaru dari lingkungan / kerangka kerja Plasma 5 desktop, Qt 5 toolkit dan perangkat lunak KDE lain yang kompatibel.

Pertama kali diumumkan pada Juni 2016 oleh pendiri Kubuntu Jonathan Riddell setelah kepergiannya dari Canonical (perusahaan induk Ubuntu), ini telah diadopsi oleh semakin banyak pengguna Linux, secara teratur muncul dalam Top 20 di tabel popularitas DistroWatch.com.

Tampilan KDE Neon

Ini menargetkan demografi pengguna yang sama dengan distribusi resmi Ubuntu KDE, Kubuntu, distribusi Ubuntu, berbeda terutama dalam kerangka waktu yang jauh lebih pendek bagi pengguna untuk menerima pembaruan perangkat lunak Qt dan KDE. Ini ditawarkan dalam empat saluran rilis: Edisi Pengguna, Pengujian, Tidak Stabil, dan Pengembang.

Distribusi KDE neon Linux difokuskan pada pengembangan KDE. Penekanannya adalah pada paket perangkat lunak yang canggih yang bersumber langsung dari KDE dan menawarkan programmer akses awal ke fitur-fitur baru, tetapi berpotensi dengan biaya kerentanan yang lebih besar terhadap bug perangkat lunak.

Neon KDE mengumumkan pada Januari 2017 bahwa distribusi mengalihkan penginstalnya dari Ubiquity ke Calamares karena Ubiquity “tidak memiliki beberapa fitur”.

Pada bulan Februari 2018, pengembang neon KDE menghapus Edisi LTS dari halaman unduhan, tetapi menyimpan edisi ini di mirror unduhan karena “banyak orang bertanya edisi mana yang akan digunakan dan apa bedanya.”

Pada Mei 2018, KDE mulai mengubah neon KDE dari berbasis di Ubuntu 16.04 ke Ubuntu 18.04. Gambar pratinjau KDE neon, berdasarkan Ubuntu 18.04, tersedia pada Agustus 2018.

Perbedaan Dari Kubuntu

Karena Kubuntu memiliki paket Plasma KDE pada OS berbasis Ubuntu, KDE neon sering disalahartikan sebagai Kubuntu dan sebaliknya. Namun, perbedaan utama antara kedua sistem operasi adalah bahwa Kubuntu mempertahankan rilis stabil dan versi LTS Ubuntu sementara KDE neon berfokus pada pembaruan edisi aplikasi KDE pengembang tanpa mempertahankan rilis stabil Ubuntu kecuali jika pengguna root secara aktif memilih untuk meningkatkan sistem mereka.

Perangkat keras

KDE Slimbook (dirilis pada Maret 2017) dan KDE Slimbook II (diluncurkan pada 2018) memiliki KDE neon yang sudah diinstal sebelumnya.

Link Download KDE Neon

Bagi pembaca yang tertarik untuk mendownload KDE Neon, link-nya sudah saya buatkan dibawah;

Semoga bermanfaat…

Share
ludy

Cuma pengen punya media yang berfungsi layaknya rumah didunia maya, dan personal blog inilah tempatnya (mohon maaf konten masih dalam proses migrasi). Selamat menikmati semua artikel yang saya buat, semoga bermanfaat...

Recent Posts

Tutorial Belajar Bodhi Linux Dari Dasar Untuk Pemula

Belajar Bodhi Linux Pernah mendengar nama Bodhi Linux? Jika belum, dipostingan kali ini kita akan coba bahas secara singkat mengenai…

1 month ago