Daftar Game RTS Di GNU/Linux Dan Cara Installasinya

Bagi kalian gamers sejati yang terlanjur hijrah ke GNU/Linux, pastinya akan menemukan banyak kesulitan. Khususnya dalam mencari Game bergenre RTS yang bisa dimainkan di GNU/Linux.

Artikel ini belum sepenuhnya selesai dan akan saya update kembali

Nah, untuk sedikit mengobati rasa rindu klak-klik mouse dan ketak-ketik tombol keyboard, pada postingan ini akan saya buatkan daftar Game Real Time Strategy yang bisa kalian mainkan di GNU/Linux.

0.A.D

Diurutan pertama ada game bernama 0.A.D. Game ini punya konsep permainan yang sama kayak War Craft, Stornghold Crusader, Age Of Empire, Megaglest dan game RTS lainnya.

Kerennya lagi, game ini bisa kita mainkan secara gratis dan sudah mendukung beberapa sistem operasi populer seperti GNU/Linux, Windows dan MacOS.

Cara Install 0AD Game Real Time Strategy Di GNU/Linux

Di postingan ini saya menggunakan Elementary OS sebagai Distro GNU/Linux nya.

Pastinya bisa juga kita praktikkan di Ubuntu, LinuxMint, BlankOn dan Distro GNU/Linux yang menggunakan format paket .deb.

0.A.D sebenarnya sudah terdaftar di repository, jadi untuk nginstallnya kita bisa lewat App Center (Elementary OS) atau Software Center (Ubuntu).

Tapi jika ingin mendapatkan versi terbaru, kita bisa menambahkan PPA lewat terminal, caranya pertama kita buka terminal dengan kombinasi Super (Tombol Windows) + T (Elementary OS) atau CTRL+ALT+T terus ketik (copas aja biar cepet) perintah dibawah satu-persatu untuk menghindari error.

sudo add-apt-repository ppa:wfg/0ad -y
sudo apt-get update
sudo apt-get install 0ad -y

Ukuran yang harus di download lumayan besar, sekitar 659MB pada desktop saya.

Untuk distro lainnya, bisa membaca langsung tutorial installasinya yang udah disediain di link ini https://play0ad.com/download/linux/

Persyaratan System Memainkan 0.A.D

Supaya 0.A.D bisa kita mainkan, ada beberapa persyaratan system yang harus kita punya, tapi tenang aja game ini cukup ringan kok, dikutip dari situs resminya.

  • Processor: 1 GHz Intel or x86 compatible
  • Memory: At least 512 MB
  • Graphics Card: Any supporting OpenGL 1.3 with 3D hardware accelerated drivers and at least 128 MB memory, e.g., Radeon 9000, GeForce 3, or similar
  • Screen resolution: 1024×768 or above

Fitur 0.A.D

Meskipun game ini Fratis dan Terbuka (Free And Open Source), bukan berarti game ini dibuat asal-asalan, grafiknya keren banget (menurut saya) dan tentunya nyediain banyak pilihan civilization (bangsa) yang punya karakteristik masing-masing.

Buat lebih jelasnya, bisa liat di link ini http://0ad.wikia.com/wiki/Civilizations

Kalo bingung cara mainnya, kalian bisa baca langsung di panduan nya disini https://play0ad.com/category/game-manual/

Catatan

0 A.D saat tulisan ini saya buat masih dalam tahap pengembangan, artinya sangat mungkin ada fitur yang gak berjalan normal.

Contoh yang saya alami sih bakal lag (berat) kalo bikin army terlalu banyak and pasukan agak susah buat di arahin.

Tapi buat kalian gamers sejati (khususnya pengguna GNU/Linux), saya rasa gak ada salahnya untuk nyoba game RTS ini. Tapi kalo pengen nyoba game RTS lainnya yang udah stabil, kalian bisa coba install MegaGlest dan Zero-K yang akan kita bahas dibawah.

MegaGlest

 

Zero-K

Daftar Game RTS Di GNU/Linux Dan Cara Installasinya

Zero-K adalah game RTS yang bersifat OpenSource dan tersedia untuk beberapa sistem operasi seperti Windows dan GNU/Linux. Konsep permainannya tidak jauh berbeda dengan 0.A.D diatas dan MegaGlest yang akan saya bahas selanjutnya.

Cara Install Zero-K

Ada beberapa tahapan yang harus kita lakukan untuk menginstallnya. Pertama kita buka terminal kemudian ketik satu persatu perintah berikut;

sudo apt-get install mono-complete libsdl2-2.0-0 libopenal1 -y
mkdir Zero-K
cd Zero-K
wget http://zero-k.info/lobby/Chobby.exe
chmod u+x Chobby.exe
mono Chobby.exe

Panduan Zero-K

Untuk tutorial memainkan Zero-K, pembaca bisa langsung melihat panduan yang sudah disediakan disini.

Insallasi Offline

Buat kalian yang gak punya koneksi internet langsung, bisa ngikutin tutorial installasi aplikasi secara offline yang udah saya buatkan dibawah.

Selamat bermain dan semoga bermanfaat…

Cuma pengen punya media yang berfungsi layaknya rumah didunia maya, dan personal blog inilah tempatnya (mohon maaf konten masih dalam proses migrasi). Selamat menikmati semua artikel yang saya buat, semoga bermanfaat...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *