Beberapa File Manager Alternatif Windows Explorer Di GNU/Linux

Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh…

Artikel kali ini saya khususkan bagi pembaca yang sedang mencari file manager (file browser) alternatif dari Windows Explorer yang ada di GNU/Linux.

Daftar aplikasi dibawah saya buat random dan mungkin hanya menyertakan sedikit kecil diantaranya saja (karena keterbatasan pengetahuan yang saya punya).

Mudah-mudahan dikemudian hari bisa saya perbaharui kembali. Berikut diantaranya;

Caja

Beberapa File Manager Alternatif Windows Explorer Di GNU/Linux

Bagi pambaca pengguna MATE Desktop Environment mungkin sudah familiar dengan file manager Caja. Tampilan Caja sangat mirip dengan Nautilus pada Gnome 2.

Karena memang MATE sendiri merupakan pengembangan ulang dari Gnome2 yang sudah ditinggalkan developernya untuk beralih ke Gnome3.

Caja bisa kita temukan pada Distro GNU/Linux dengan MATE Environment seperti Linux Mint Mate, UbuntuMATE dan sebagainya. Jika ingin menginstall Caja secara manual, silahkan ketik perintah berikut;

sudo apt install caja

Nemo

Beberapa File Manager Alternatif Windows Explorer Di GNU/Linux

Nemo merupakan file manager yang ada pada Cinnamon Desktop Environment. Bagi pengguna setia Linux Mint Cinnamon pasti sudah sering menggunakan Nemo.

Cinnamon Desktop merupakan salah satu faktor yang mendorong kepopuleran Linux Mint disaat Ubuntu melakukan “blunder” dengan mengembangkan Unity.

Untuk menginstall Nemo secara manual, silahkan ketik perintah berikut didalam terminal;

sudo apt update && sudo apt install nemo

Nautilus

Beberapa File Manager Alternatif Windows Explorer Di GNU/Linux

Nautilus atau yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan Files merupakan File Browser yang sudah lama digunakan pada Distro dengan Gnome Desktop.

Nautilus sendiri mempunyai berbagai kelebihan diantaranya bisa mencari file dengan sagat cepat. Selain itu, ada banyak addons yang terintegrasi dengan Nautilus, sebagai contoh MegaSync dan Dropbox.

Ubuntu adalah salah satu Distro GNU/Linux yang selalu menggunakan Nautilus. Untuk menginstall Nautilus secara manual, kita tinggal mengetik perintah berikut;

sudo apt update && sudo apt install nautilus

PCManFM

Beberapa File Manager Alternatif Windows Explorer Di GNU/Linux

PCManFM adalah file manager yang disematkan pada Desktop LXDE (LXQT).

PCManFM sangat ringan digunakan. Bodhi Linux dan Lubuntu adalah salah dua diantara Distro GNU/Linux yang menggunakannya. PCManFM memang sering dipasangkan pada Distro GNU/Linux yang menyasar pada resource yang rendah.

Yang paling menonjol dari PCManFM adalah terdapatnya shortcut yang menuju langsung ke daftar aplikasi.

Untuk menginstall PCManFM secara manual, silahkan ketik perintah berikut;

sudo apt update && sudo apt install pcmanfm

Thunar

Beberapa File Manager Alternatif Windows Explorer Di GNU/Linux

Bagi pengguna Xubuntu dan Linux Mint XFCE pasti sudah familiar dengan Thunar. Thunar menjadi file manager default pada Desktop XFCE yang berfokus kepada kecepatan.

Salah satu Distro GNU/Linux yang menggunakan Thunar adalah ChaletOS yang juga telah saya buatkan materi lengkapnya disini (silahkan klik).

Jika ingin menginstall Thunar secara manual, silahkan ketik perintah berikut didalam terminal;

sudo apt update && sudo apt install thunar

Dolphin

Beberapa File Manager Alternatif Windows Explorer Di GNU/Linux

File manager terakhir pada kesempatan kali ini adalah Dolphin yang dikembangkan oleh komnitas KDE. Dolphin sudah tertanam dibanyak Distro GNU/Linux seperti Kubuntu dan KDE Plasma.

Dari segi tampilan, mungkin Dolphin sedikit berbeda dengan file manager sebelumnya.

Jika tertarik menginstallnya secara manual, silahkan ketik perintah berikut didalam terminal

sudo apt update && sudo apt install dolphin

File Manager (File Browser) Favorit?

Salah satu hal yang paling menarik selama menggunakan GNU/Linux adalah kita bisa memasang berbagai aplikasi sesuai kebutuhan. Tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa file manager diatas sampai menemukan yang tepat.

Semoga bermanfaat…

ludy

Cuma pengen punya media yang berfungsi layaknya rumah didunia maya, dan personal blog inilah tempatnya (mohon maaf konten masih dalam proses migrasi). Selamat menikmati semua artikel yang saya buat, semoga bermanfaat...

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *