Categories: Ubuntu

Cara Mematikan Komputer Otomatis Di GNU/Linux

Shutdown atau mematikan komputer secara otomatis di Ubuntu adalah salah satu fitur yang sering saya gunakan, jika di ibaratkan fungsinya sama seperti timer pada televisi.

Untuk membuat Ubuntu kita mati (shutdown) secara otomatis sangatlah mudah, kita bisa langsung mengetik perintah sederhana, namun diantara pengguna pemula masih tidak familiar dengan perintah cli (terminal).

Untuk mensiasati hal tersebut, kita bisa menginstall beberapa aplikasi yang mempunyai fungsi sama.

Berikut diantara Cara Shutdown Otomatis Di Ubuntu.

Menggunakan Terminal

Untuk mematikan (shutdown) Ubuntu melalui terminal, kita cukup mengetik perintah berikut;

sudo shutdown -h +30

-h –> halt fungsinya sama seperti poweroff.

+30 –> Jumlah waktu yang ditentukan yaitu 30 menit.

Untuk membatalkannya kita ketik perintah berikut;

sudo shutdown -c

Berikut tampilannya;

Menggunakan gshutdown

Aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mematikan Ubuntu secara otomatis adalah gshutdown. Aplikasi ini sudah tersedia di Repository sehingga untuk menginstallnya kita tinggal mengetik;

sudo apt install gshutdown -y

Berikut tampilan gshutdown;

Untuk menggunakannya sangat mudah, pertama kita tentukan waktunya, kemudian kita pilih Turn Off The Computer lalu klik start.


Selain mematikan komputer (turn Off) kita juga bisa memilih untuk menghidupkan ulang komputer (Restart) dan mengakhiri sessi (End Current Session).

Secara default gshutdown akan memberikan notifikasi jika waktu (shutdown) sudah dekat.

Kita bisa mengubahnya pada bagian Preferences.

Kesimpulan

Masih banyak aplikasi sejenis yang mempunyai fungsi yang sama, namun dua cara diatas saya anggap sudah bisa mewakilinya.

Jika ada yang ingin ditanyakan atau mungkin pembaca memiliki aplikasi yang biasa digunakan untuk shutdown otomatis di Ubuntu bisa di share melalui kolom komentar.

Semoga artikel sederhana ini bermanfaat.

Share
ludy

Cuma pengen punya media yang berfungsi layaknya rumah didunia maya, dan personal blog inilah tempatnya (mohon maaf konten masih dalam proses migrasi). Selamat menikmati semua artikel yang saya buat, semoga bermanfaat...

Recent Posts

Tutorial Belajar Bodhi Linux Dari Dasar Untuk Pemula

Belajar Bodhi Linux Pernah mendengar nama Bodhi Linux? Jika belum, dipostingan kali ini kita akan coba bahas secara singkat mengenai…

1 month ago

Pengenalan KDE Neon Distro GNU/Linux Dengan Plasma Desktop Yang Super Keren

Sedang mencari artikel mengenai KDE Neon? Apa saja keunggulan dan perbedaannya dari Kubuntu? Jika iya, saya pun sama. Karena saya…

1 month ago