Belajar Ubuntu – Cara Install Aplikasi Di Ubuntu Secara Online

Setelah pada seri sebelumnya kita mengenal 2 metode menginstall aplikasi di Ubuntu dan mengganti Repository ke mirror lokal. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar cara menginstall aplikasi secara online.


Tentu saja koneksi internet multak dibutuhkan untuk mempraktekkannya. Kita akan mencoba semua media installasi baik melalui Software Center, PPA, dan Terminal. Silahkan pilih cara yang dianggap paling mudah. Selamat mengikuti.

Software Center

Software Center merupakan media yang sangat direkomendasikan bagi pemula, karena konsepnya sama seperti Play Store pada Smartphone Android. Langkah pertama kita bka terlebih dahulu Shortcut Ubuntu Software Center yang berada di Launcher seperti berikut.

Belajar Ubuntu - Cara Install Aplikasi Di Ubuntu Secara Online

Kemudian akan terbuka aplikasi Software Center seperti berikut;

Belajar Ubuntu - Cara Install Aplikasi Di Ubuntu Secara Online

Untuk lebih mempermudah kita, berikut saya coba rincikan fitur yang terdapat di Software Center

Ada 3 Tab Utama dalam Software Center, yaitu All, Installed, Updates berikut masing-masing penjelasannya

All

Pada tab ini berisi informasi mengenai aplikasi yang tersedia di Software Center. Ada ribuan aplikasi yang bisa kita dapatkan secara gratis. Jika kita sudah mengetahui nama aplikasi yang akan diinstall, misal TuxType, kita bisa memanfaatkan kolom pencarian di atas.

Belajar Ubuntu - Cara Install Aplikasi Di Ubuntu Secara Online

Klik Install untuk memulai installasi dan proses installasipun akan berjalan sama seperti Play Store pada Android.

Editor Pick’s & Recommended Applications

Jika pembaca bingung dalam memilih aplikasi yang tersedia di Software Center, kita bisa mencoba beberapa pilihan aplikasi yang direkomendasikan. Software Center juga sudah memilih aplikasi berdasarkan kategori, untuk melihatnya kita tinggal scroll kebawah.

Belajar Ubuntu - Cara Install Aplikasi Di Ubuntu Secara Online

Installed

Pada tab ini berisi informasi mengenai aplikasi apa saja yang sudah terinstall di Ubuntu kita. Disini juga kita bisa menghapus (uninstall) aplikasi yang sudah tidak dibutuhkan. Berikut gambarnya;

Belajar Ubuntu - Cara Install Aplikasi Di Ubuntu Secara Online

Klik Remove untuk menghapus aplikasi yang sudah tidak kita butuhkan.

Updates

Seperti namanya, pada tab ini akan berisi informasi versi terbaru dari aplikasi yang kita gunakan.

Belajar Ubuntu - Cara Install Aplikasi Di Ubuntu Secara Online

Untuk meng-update nya kita tinggal klik Install.

Software Center sangat memudahkan kita dalam mengelola (menginstall dan uninstall) aplikasi. Dengan menggunakan Software Center kita tidak perlu menghapal perintah terminal yang kadang menyulitkan bagi pemula.

Terminal

Media selanjutnya yang bisa kita gunakan untuk mengelola aplikasi adalah terminal. Ini merupakan cara yang “umumnya” pengguna GNU/Linux lakukan. Setidaknya ada beberapa perintah yang harus kita hapalkan walaupun sifatnya tidak wajib (copas juga boleh kok :-D).

Pertama kita buka terminal dengan menekan kombinasi “ctrl+alt+t” kemudian akan terbuka jendela seperti berikut.

Belajar Ubuntu - Cara Install Aplikasi Di Ubuntu Secara Online

Untuk menginstall aplikasi kita ketik “sudo apt install nama_aplikasi” misalnya kita akan menginstall aria2 maka kita ketik

sudo apt install aria2

Perbedaan saat menginstall melalui Software Center dan Terminal adalah disini kita bisa mengetahui rincian paket apa saja yang akan di download beserta ukuran total paket agar aria2 bisa berjalan sempurna. Berikut contohnya;

Belajar Ubuntu - Cara Install Aplikasi Di Ubuntu Secara Online

PPA

Sederhananya fungsi PPA adalah untuk menginstall aplikasi yang tidak (belum) terdaftar secara default di Repository kita. Secara singkat ada tiga tahapan.

  1. Menambahkan PPA kedalam repository dengan perintah “sudo add-apt-repository nama_ppa”
  2. Memperbaharui Repository dengan mengeti “sudo apt update”
  3. Menginstall aplikasi yang dimaksud dengan mengetik “sudo apt install nama_aplikasinya”

Artikel mengenai penggunaan PPA dan daftar PPA “penting” di Ubuntu sudah saya buatkan secara terpisah disini.

Kesimpulan

Seperti semangat awal dibangunnya Ubuntu sebagai sistem operasi ramah pengguna, disini Ubuntu sudah berhasil memanjakan pengguna khususnya dalm proses mengelola aplikasi melalui Software Center. Selain itu, kita juga bisa bertahap belajar mengelola aplikasi menggunakan terminal.


Jika ada yang ingin disampaikan bisa melalui form komentar yang telah saya sediakan. Jika pembaca tidak mempunyai akses internet yang cukup, tak perlu khawatir karena pada seri berikutnya kita akan memperlajari cara menginstall aplikasi secara Offline.

Cuma pengen punya media yang berfungsi layaknya rumah didunia maya, dan personal blog inilah tempatnya (mohon maaf konten masih dalam proses migrasi). Selamat menikmati semua artikel yang saya buat, semoga bermanfaat...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *